PEMBUATAN MOTION COMIC LUTUNG KASARUNG UNTUK ANAK-ANAK
Abstract
Cerita rakyat adalah cerita yang berasal dari suatu daerah dan memiliki nilai budaya seperti sejarah tentang leluhur, tokoh, atau asal-usul suatu tempat. Cerita rakyat merupakan salah satu budaya yang penting di Indonesia, karena dapat mengajarkan nilai-nilai luhur kepada anak-anak secara menarik. Tetapi seiring berjalannya waktu, cerita rakyat mulai banyak yang dilupakan oleh masyarakat. Perkembangan zaman yang pesat seperti sekarang ini, menyebabkan faktor-faktor yang membuat orang-orang menjadi tidak punya waktu untuk membaca cerita rakyat. Salah satu media interaktif yang dapat digunakan untuk melestarikan cerita rakyat adalah motion comic. Pada tugas akhir ini dibuatlah motion comic cerita rakyat Lutung Kasarung yang berasal dari Jawa Barat dengan tujuan untuk dapat melestarikan cerita rakyat Indonesia. Aplikasi motion comic ini dibuat menggunakan program Adobe Flash CS6 dan bahasa pemrograman Action Script 3.0. Pada tahap pembuatan dilakukan proses analisa berupa analisa media yang sudah ada dan survey terhadap orang tua dan anak-anak. Dari hasil analisa tersebut dilakukan proses desain dan implementasi terhadap motion comic lutung kasarung ini dengan menggunakan media android. Uji coba terhadap aplikasi yang telah diimplementasi dilakukan untuk menguji aplikasi yang telah dibuat. Dari hasil uji coba yang dilakukan, terdapat dua hasil kesimpulan yang dapat diambil. Pertama, aplikasi motion comic Lutung Kasarung yang telah dibuat dapat membantu orang orang tua dalam menyampaikan cerita rakyat Lutung Kasarung kepada anak mereka. Kedua, aplikasi motion comic Lutung Kasarung dapat membantu memperkenalkan cerita rakyat kepada anak-anak.
Downloads
References
Bachri, B. S. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Beal, V. (n.d.). Animation. Diambil 18 Juli 2017, dari http://www.webopedia.com/TERM/A/animation.html
Carter, D. E. (2001). Blue is Hot, Red is Cool: Choosing the Right Color for Your Logo (Illustrated ed.). HBI.
Danandjaja, J. (1984). Folklor Indonesia: ilmu gosip, dongeng dan lain-lain. Grafiti Pers.
Draper Carlson, J. (2016, August 06). What’s the Point of a Motion Comic? Diambil 10 Juli 2017, dari https://comicsworthreading.com/2009/08/23/whats-the-point-of-a-motion-comic/
Hurlock, E. B. (1968). Development psychology (Edisi ke-3). New York: Mc Graw Hill Book Company.
Kusrianto, A. (2010). Pengantar Tipografi. Elex Media Komputindo.
Long, G. (2008). Motion Comics: A State of the Art. Diambil 10 Juli 2017, dari http://www.geoffreylong.com/writing/nonfiction.php
McCloud, S., & Martin, M. (2014). Understanding comics: the invisible art. New York, NY: William Morrow, an imprint of HarperCollins.
Muakhir, A. (2007). Purbasari yang baik hati (kisah Lutung Kasarung). Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Musfiroh, T. (2005). Bercerita untuk anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Pramesty, G., & A. (2012). Gyan Pramesty. Diambil 10 Juli 2017, dari http://www.lokerseni.web.id/2012/01/cerita-rakyat-lutung-kasarung.html
Setiawan, E. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diambil 10 Juli 2017, dari http://kbbi.web.id/
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.