PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK POLITEKNIK UBAYA

  • Matius Budi Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Budi Hartanto Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Richard Pramono Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 96 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 151 times
Keywords: website, Sistem Informasi Akademik, Politeknik Ubaya

Abstract

Politeknik Ubaya merupakan salah satu perguruan tinggi di Surabaya, Jawa Timur yang mengarahkan mahasiswanya agar siap menerapkan keahlian tertentu yang didapat dari proses perkuliahan. Selama ini, pembuatan kartu perkuliahan dilakukan secara manual dimana hal tersebut cukup memakan banyak waktu. Selain itu, pembuatan Capaian Pembelajaran Program Studi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) masih menggunakan paper based sehingga boros tempat penyimpanan fisik dan rawan rusak. Kemudian pada proses penilaian saat ini, nilai yang diberikan oleh masih belum sesuai syarat akreditasi dimana penilaian saat ini hanya nilai per komponen sedangkan syarat dari akreditasi adalah nilai  perkompetensi. Politeknik Ubaya sendiri memiliki software admpoltek versi desktop, dan admpoltek versi web. Dari hasil analisa, kelemahan dari software tersebut yaitu tidak terkoneksi dengan database pusat milik Ubaya sehingga untuk sinkronisasi data dilakukan secara manual. Selain itu, software tersebut tidak dapat memasukkan nilai mahasiswa dari luar jaringan ubaya sehingga tidak dapat diakses darimana saja. Selain itu software tersebut tidak dapat mengakomodasi kebutuhan penilaian perkompetensi. Maka dari itu aplikasi berbasis web ini dibuat untuk melaksanakan kegiatan akademik di Politeknik Ubaya. Framework yang digunakan untuk membuat website ini adalah Laravel dan desain databasenya menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD) dan mapping serta Business Process Model and Notation (BPMN) untuk desain prosesnya. Fitur pada website ini menangani perencanaan studi dimana mahasiswa dapat melakukan daftar ulang setiap semesternya, penyimpanan data perangkat pembelajaran (RPP, RPS, Capaian Program Studi) yang digunakan sebagai bahan pembuatan kartu kendali serta penilaian, pembuatan kartu kendali atau kartu perkuliahan, serta penilaian mahasiswa secara detail. Website yang dibuat memiliki akses ke database pusat milik Ubaya sehingga mempermudah proses sinkronisasi data. Proses validasi dilakukan dengan metode demo program yang dihadiri oleh stakeholder serta perwakilan dosen tetap Politeknik Ubaya. Selain itu dilakukan pula demo program dan wawancara dengan mahasiswa Politeknik Ubaya. Dari hasil validasi tersebut didapatkan bahwa website sistem informasi akademik ini diakui berhasil memenuhi kebutuhan kegiatan akademik Politeknik Ubaya. Website sistem informasi akademik ini dapat digunakan untuk membantu pelaksanaan kegiatan akademik Politeknik Ubaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, Arief.; & Surarso, Bayu. (2012). Penerapan Arsitektur Model View Controller (MVC) Dalam Rancangan Bangun Sistem Kuis Online Adaptif.

Prabowo, Donni. (2015). Website E-commerce Menggunakan Model View Controller ( MVC ) Dengan Framework Codeigniter.

Saphiro,R., White,S.A., Bock,C., Palmer,N., et al. (2012). BPMN 2.0 Handbook second Edition: DIGITAL EDITION. Diambil dari http://www.futstrat.com/books/bpmnhandbook2.php.

Suryana, Taryana. (2010). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web UNIKOM. Jurnal Sistem-Informasi. Diambil dari http://sms.unikom.ac.id/taryana/download/wbs_membangun_sistem_akademik_berbasis_web.
Published
2018-03-01