PERAN AUDIT INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI PT. SASA INTI

  • Suhartono Sanjaya Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Yenny Sugiarti Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 604 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 8839 times
Keywords: Good Corporate Governance, Independensi, Transparansi, Audit Internal, Kewajaran dan Kesetaraan

Abstract

Audit Internal adalah suatu fungsi penilaian yang dilakukan oleh orang dalam bagian perusahaan terhadap seluruh operasional yang terjadi di perusahaan guna membantu pihak manajemen dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Kegiatan Audit Internal adalah untuk menilai dan memberikan rekomendasi guna meningkatkan proses tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance), agar proses tersebut mampu mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran Audit Internal terhadap peningkatan prinsip-prinsip Good Corporate Governance di PT Sasa Inti. Penelitian ini merupakan basic research dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan objek interview, observasi,  dan analisis dokumen.  Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah PT Sasa Inti. Data yang digunakan adalah data primer melalui observasi dan wawancara (Pimpinan Pabrik, Divisi Audit Internal, Management Representative, Kepala General Affair, dan karyawan perusahaan) dan data sekunder berupa dokumen-dokumen internal perusahaan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pelaksanaan Audit Internal yang terkait dengan Good Corporate Governance secara umum telah dilaksanakan dengan baik. Audit Internal mendukung pencapaian  tujuan penerapan tata kelola perusahaan yang telah diatur oleh KNKG.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexakis, C. A. 2006. “An Empirical of The Visible Effect of Corporate Governance: Tha Case of Greece”. Managerial Finance. Vol . 32, No. 8, PP: 673-684.

Arafat, Wilson, How to Implement GCG (Good Corporate Governance) Effectively, Skyrocketing Publisher, Jakarta, 2008.

Arens, Alvin A. James L. Loebbecke, 2008. Auditing Pendekatan Terpadu, Terjemahan oleh Amir Abadi Yusuf, Buku Dua, Edisi Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Asbaugh, H., Collins, D., dan Laford, R. 2004. Corporate Governance the Cost of Equity Capital, Working Paper. University of Lowa.

Cahyaningsih & Venty. 2011. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung jawab Sosial

Drobetz, W., Schillhofer, A. and Zimmermann, H. (2004) Corporate Governance and Expected Stock Returns: Evidence from Germany. European Financial Management, 10 (2), pp. 267-293.

Hery. 2010. Potret Profesi Audit Internal (Di Perusahaan Swasta & BUMN Terkemuka). Bandung: Alfabeta.

Jensen, M. and Meckling, W., 1976, Theory of the Firm: Managerial Behavior Agency Cost, and Ownership Structureî, Journal of Finance Economics 3, pp. 305-360.

KNKG. 2006. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia.

KNKG. 2008. Sistem Pelaporan Pelanggaran - SSP (Whistleblowing System – WBS).

Kurniawan, Ardeno. 2012. Audit Internal Nilai Tambah Bagi Organisasi. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.

Lisnawati, Lilis. 2012. Pengaruh Pelaksanaan Audit Operasional Terhadap Penerapan Good Corporate Governance (Studi pada PT Herlinah Cipta Pratama Garut.

Nugroho, D. P. 2012. Pelaksanaan Audit Internal Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance.

Rinaldi, Yudie. 2012. Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalia Internal Pemerintahan Terhadap Good Corporate Governance
Published
2016-03-01

Most read articles by the same author(s)