ANALISIS MANFAAT QUALITY ASSURANCE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL PEMBELAJARAN PADA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UNIVERSITAS SURABAYA

  • Ivor Lunarto Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Yenny Sugiarti Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 1112 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 936 times
Keywords: Quality Assurance, Kualitas Pembelajaran, Perguruan Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan Quality Assurance terhadap perannya yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jurusan akuntansi FBE UBAYA, yang dinilai dari persepsi Quality Assurance, dosen, mahasiswa, dan juga asisten, dari produk yang dibuatnya yaitu kuesioner evaluasi pembelajaran online. Metode pengambilan data yaitu dengan wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa Quality Assurance tidak memberikan peran yang signifikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jurusan akuntansi FBE UBAYA, dikarenakan ketidakefektifan dalam kegiatan penjaminan mutu untuk kualitas pembelajaran dari proses evaluasi pembelajaran, dan karena kualitas pembelajarannya sendiri yang masih belum diserap seluruhnya oleh Quality Assurance. Rekomendasi yang diberikan yaitu merubah isi dari kuesioner melalui desain dengan meminta feedback yang terkait pada dosen, lalu juga meningkatkan pengambilan data dan juga sosialisasi, distribusi dokumen kepada pihak yang memerlukan agar Quality Assurance bisa mendapatkan informasi yang lebih relevan dan komplit, dan juga penerapan sistem reward dan punishment untuk meningkatkan kinerja dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Riana, 2013, Kisah Bisnis Ijazah Palsu yang Pernah Terungkap, http://megapolitan.kompas.com/read/2013/02/09/08122628/Kisah.Bisnis.Ijazah.Palsu.yang.Pernah.Terungkap (dikutip tanggal 14 Mei 2013).

Amarullah, Amril, 2011, IPM Indonesia Rendah, Tamparan Bagi Pemerintah, http://news.okezone.com/read/2011/11/10/337/527526/ipm-indonesia-rendah-tamparan-bagi-pemerintah (dikutip tanggal 22 Mei 2013).

American Society for Quality, Quality Assurance and Quality Control, http://asq.org/learn-about-quality/quality-assurance-quality-control/overview/overview.html (dikutip tanggal 18 Mei 2013).

Aritonang, Margareth S., 2013, Indonesia makes progress in HDI, but still below average, http://www.asianewsnet.net/Indonesia-makes-progress-in-HDI-but-still-below-av-44120.html (dikutip tanggal 16 Mei 2013).

BAN-PT Kemdiknas, Proses Akreditasi, http://ban-pt.kemdiknas.go.id/index.php/proses-akreditasi (dikutip tanggal 16 Desember 2013).

Denish, Meda, 2013, Kualitas Pendidikan di Indonesia Saat Ini, http://edukasi.kompasiana.com/2012/04/13/makalah-kualitas-pendidikan-di-indonesia-saat-ini-454680.html (dikutip tanggal 14 Mei 2013).

Dill, David D., 2007, Quality Assurance in Higher Education: Practices and Issues.

Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal, UBAYA, 2013. https://dpmai.ubaya.ac.id/

Hansen, Don R., dan Mowen, Maryanne M., 2007, Managerial Accounting, 8th Edition. United States of America: Thomson South-Western.

Kemdikbud, 2011, Garis Besar Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, http://www.dikti.go.id/files/Belmawa/Leaflet%20SPMI-PT%20oke%20revisi2%20acc.pdf (dikutip tanggal 29 Mei 2013).

Law, Dennis Chung Sea, “Quality assurance in post-secondary education: the student experience”, Quality Assurance in Education journal, Vol. 18 No. 4, 2010.

Law, Dennis Chung Sea, “Quality assurance in post-secondary education: some common approaches”, Quality Assurance in Education Journal, Vol 18. No. 1, 2010.

Maguad, Ben A., dan Krone, Robert M., 2012, Managing for Quality in Higher Education: A systems perspective.

O’Brien, James A., dan Marakas, George M., 2011, Management Information Systems, 10e edition. Tim McGraw-Hill/Irwin, 2011

Parasuraman, A., “Service quality and productivity: a synergistic perspective”, Volume 12 No.1, 2002, pp. 6-9.

Parasuraman, A., dan V. A. Zeithaml, 2004, Service Quality (Marketing Science Institute (MSI) Relevant Knowledge Series).

Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, dan L.L. Berry, 1998, SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, No. 1.

Santosa, Eddi, 2010, Sitem Penjaminan Mutu Dikti RI Diakui Negara-negara ASEM, http://news.detik.com/read/2010/12/08/031012/1510837/10/sistem-penjaminan-mutu-dikti-ri-diakui-negara-negara-asem?nd771104bcj/(dikutip tanggal 22 Mei 2013).

UNESCO, 2005, EFA Global Monitoring Report, http://unesco.org/education/gmr_download/chapter1.pdf (dikutip tanggal 22 Juni 2013).

Yorke, Mantz, 1997, This Way QA?, Volume 5 • Number 2 • 1997 • pp. 97–100.
Published
2014-03-01

Most read articles by the same author(s)