ANALISIS MANFAAT QUALITY ASSURANCE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL PEMBELAJARAN PADA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UNIVERSITAS SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan Quality Assurance terhadap perannya yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jurusan akuntansi FBE UBAYA, yang dinilai dari persepsi Quality Assurance, dosen, mahasiswa, dan juga asisten, dari produk yang dibuatnya yaitu kuesioner evaluasi pembelajaran online. Metode pengambilan data yaitu dengan wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa Quality Assurance tidak memberikan peran yang signifikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jurusan akuntansi FBE UBAYA, dikarenakan ketidakefektifan dalam kegiatan penjaminan mutu untuk kualitas pembelajaran dari proses evaluasi pembelajaran, dan karena kualitas pembelajarannya sendiri yang masih belum diserap seluruhnya oleh Quality Assurance. Rekomendasi yang diberikan yaitu merubah isi dari kuesioner melalui desain dengan meminta feedback yang terkait pada dosen, lalu juga meningkatkan pengambilan data dan juga sosialisasi, distribusi dokumen kepada pihak yang memerlukan agar Quality Assurance bisa mendapatkan informasi yang lebih relevan dan komplit, dan juga penerapan sistem reward dan punishment untuk meningkatkan kinerja dosen.
Downloads
References
Amarullah, Amril, 2011, IPM Indonesia Rendah, Tamparan Bagi Pemerintah, http://news.okezone.com/read/2011/11/10/337/527526/ipm-indonesia-rendah-tamparan-bagi-pemerintah (dikutip tanggal 22 Mei 2013).
American Society for Quality, Quality Assurance and Quality Control, http://asq.org/learn-about-quality/quality-assurance-quality-control/overview/overview.html (dikutip tanggal 18 Mei 2013).
Aritonang, Margareth S., 2013, Indonesia makes progress in HDI, but still below average, http://www.asianewsnet.net/Indonesia-makes-progress-in-HDI-but-still-below-av-44120.html (dikutip tanggal 16 Mei 2013).
BAN-PT Kemdiknas, Proses Akreditasi, http://ban-pt.kemdiknas.go.id/index.php/proses-akreditasi (dikutip tanggal 16 Desember 2013).
Denish, Meda, 2013, Kualitas Pendidikan di Indonesia Saat Ini, http://edukasi.kompasiana.com/2012/04/13/makalah-kualitas-pendidikan-di-indonesia-saat-ini-454680.html (dikutip tanggal 14 Mei 2013).
Dill, David D., 2007, Quality Assurance in Higher Education: Practices and Issues.
Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal, UBAYA, 2013. https://dpmai.ubaya.ac.id/
Hansen, Don R., dan Mowen, Maryanne M., 2007, Managerial Accounting, 8th Edition. United States of America: Thomson South-Western.
Kemdikbud, 2011, Garis Besar Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, http://www.dikti.go.id/files/Belmawa/Leaflet%20SPMI-PT%20oke%20revisi2%20acc.pdf (dikutip tanggal 29 Mei 2013).
Law, Dennis Chung Sea, “Quality assurance in post-secondary education: the student experience”, Quality Assurance in Education journal, Vol. 18 No. 4, 2010.
Law, Dennis Chung Sea, “Quality assurance in post-secondary education: some common approaches”, Quality Assurance in Education Journal, Vol 18. No. 1, 2010.
Maguad, Ben A., dan Krone, Robert M., 2012, Managing for Quality in Higher Education: A systems perspective.
O’Brien, James A., dan Marakas, George M., 2011, Management Information Systems, 10e edition. Tim McGraw-Hill/Irwin, 2011
Parasuraman, A., “Service quality and productivity: a synergistic perspective”, Volume 12 No.1, 2002, pp. 6-9.
Parasuraman, A., dan V. A. Zeithaml, 2004, Service Quality (Marketing Science Institute (MSI) Relevant Knowledge Series).
Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, dan L.L. Berry, 1998, SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, No. 1.
Santosa, Eddi, 2010, Sitem Penjaminan Mutu Dikti RI Diakui Negara-negara ASEM, http://news.detik.com/read/2010/12/08/031012/1510837/10/sistem-penjaminan-mutu-dikti-ri-diakui-negara-negara-asem?nd771104bcj/(dikutip tanggal 22 Mei 2013).
UNESCO, 2005, EFA Global Monitoring Report, http://unesco.org/education/gmr_download/chapter1.pdf (dikutip tanggal 22 Juni 2013).
Yorke, Mantz, 1997, This Way QA?, Volume 5 • Number 2 • 1997 • pp. 97–100.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.