PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY HOTEL X DI KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada program Corporate Social Responsibility Hotel X di Kupang. sehingga Hotel dapat memiliki kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta dapat menyadari bahwa kegiatan yang dilakukan adalah salah satu bentuk pelaksanaan Corporate Governance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode interview, analisis dokumen dan observasi. Penelitian ini ditekankan pada implementasi Good Corporate Governance yang telah dilakukan perusahaan yang dikaitkan dengan praktek-praktek Corporate Social Responsibility yang telah dilakukan perusahaan. Dimana dalam penelitian ini menjelaskan gambaran umum perusahaan, struktur organisasi, aturan-aturan dan kebijakan Hotel X dan memperlihatkan keunikan dari penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada program Corporate Social Responsibility Hotel X yang telah ada dengan industri lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan sdanya Good Corporate Governance di dalam program Corporate Social Responsibility agar dapat mengatur dan mengendalikan badan usaha untuk menciptakan nilai tambah (value added) yang membuat suatu tata kelola hotel yang baik yang terstruktur oleh stakeholder, shareholder dan manajer demi mencapai tujuan Hotel serta lebih terarah, fokus dan terstruktur untuk menjadi lebih baik dari tahun ke tahunnya terhadap program-program CSR bagi masyarakat.
Downloads
References
Assaf, A. George, Jossiasen Alexander, Cvelbar ljubica Knezevic, 2012. Does Triple Bottom Line Reporting Improve Hotel Perfomance? (http://www/sciencedirect.com diakses 4 oktober 2012)
Azheri, Busyra. 2012. Corporate Social Responsibility: Dari Voluntary Menjadi Mandatory. Edisi Pertama, Cetakan Kedua. Rajawali Pers : Jakarta
Budimanta Arif, Pra setijo Adi, Rudito Bambang, 2004. Corporate Social Responsibility. Indonesia Center for Sustainable Development, Indonesia.
Cahyaningsih dan Venti Yustianti Martina. 2011. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial. Jurnal Siasat Bisnis Vol. 15 No.
2, Juli 2011. Bandung.
Consulting, Strandberg. 2008. CSR: The Conference Board of Canada : The Role of The Board of Directors in Corporate Social Responsibility. Strandberd Consulting Vol June 2008.
Corporate Watch Report. 2006. What’s wrong with Corporate Social Responsibility? (http://www.corporationwatch.org diakses 20 mei 2012).
Daniri, Mas Achmad dan Simatupang, Angela Indirawati. 2009 Meningkatkan Daya Saing Perusahaan Melalui Good Governance. (http://www.kadin-indonesia.or.id, diakses pada 5 oktober 2012).
Dewata, Indang. 2008. Program CSR, Sebuah Indikator Niat Baik dan Kepedulian Perusahaan Terhadap Lingkungan. (http://www.padangekspress.com, diakses pada 18 Mei 2012).
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Edisi pertama. Penerbit Graha Ilmu : Yogyakarta.
Haniffa, R.M and Cooke, T.E. 2005. The Impact of Culture and Governance on Corporate Social Reporting. Journal of Accounting and Public Policy 24. UK.
Hidayat, Ferli. 2013. Pelaksanaaan GCG dalam UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Jakarta.
Jalal, 2010. Lingkar Studi CSR : Pembangunan Berkelanjutan, CSR dan ISO 26000. (http://www.csrindonesia.com diakses pada 5 oktober 2012).
Jamali, Dima and Myriam Rabbath. 2007. Corporate Governance and Corporate Social Responsibility Synergies and Inter-relationships. Corporate Social Responsibility Research Conference Vol July 2007.
Kartini, Dwi. Corporate Social Responsibility : Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia, Cetakan Pertama. Refika Aditama : Bandung.
KNKG. 2006. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia (http://www.ecgi.org diakses pada 5 oktober 2012)
Kotler Philip, Nancy Lee. 2005. Corporate Social Responsibility. John Wiley & Sons, Inc. USA.
Lestariningsih, 2008. The Role of Good Corporate Governance Implementation in Public Corporate Development. Vol 4 No 2. Surakarta.
Masnila, Nelly. 2010. Corporate Social Responsibility : Sebuah pandangan dari Sudut Akuntansi. Islamic Economy.
Mega, Meitri. 2013. Pengaruh Nilai Skor GCG dan Alokasi Biaya CSR dengan Dimediasi Return On Equity (ROE) terhadap Harga Saham Perusahaan yang Terdaftar pada BEI. Jurnal Vol 4. Jakarta
Nike Nur Aini dan Cahyonowati, Nur. 2011. Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Journal Universitas Diponegoro.
Pambudi, Teguh Sri. 2006. CEO dan CSR: Antara Citra dan Kepedulian. EBAR Edisi III / September-Desember 2006.
Rachman, N.M., Effendi, A. dan Wicaksana, E. 2011. Corporate Social Responsibility; Panduan Lengkap Perencanaan Corporate Social Responsibility, Cetakan pertama. Penebar Swadaya: Depok.
Rachman, Reza. 2009. Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan, Cetakan pertama. Penerbit Media Pressindo: Yogyakarta.
Rakhmat, Agung. 2013. Good Corporate Governance (GCG) Sebagai Prinsip Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Kasus pada Community Development Center PT Telkom Malang). Jurnal Skripsi / Agung Rakmat / FEB UB.
Ramdhani, Ayuningtyas Widari. 2010. Pelaksanaan Good Corporate Governance pada program Corporate Social Responsibility PT Aneka Tambang, Tbk. Jurnal Universitas Indonesia.
Savitz, Andrew W & Karl Webber. 2006. The Triple bottom Line : How Today’s best-run Companies are Achieving Economic, Social and Environmental Success and How You Can Too. Hooboken : John Wiley & Sons.
Suharto, E. 2008. Corporate Social Responsibility: What is and Benefit for Corporate.(http://www.policy.hu/suharto/Naskah%20PDF?CSRIntipesa
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.