PENINGKATAN KUALITAS PROSES PRODUKSI DI PT. INDAL ALUMUNIUM INDUSTRY TBK., SIDOARJO
Abstract
PT Indal Aluminium Industry Tbk. merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang alumunium dengan berbagai macam bentuk dan desain sesuai dengan permintaan konsumen. Fokus perbaikan yang dituju pada penelitian ini adalah menurunkan persentase kecacatan produk jenis precision part profiles yang selama ini menjadi permasalahan besar. Persentase produk baik jenis precision part profiles pada kondisi awal adalah sebesar 51,38%. Analisis akar masalah dengan menggunakan fishbone diagram untuk menentukan masalah yang menyebabkan cacat, yang kemudian dilanjutkan dengan analisis FMEA (Failure Mode & Effect Analysis). Melalui analisis FMEA, penentuan jenis kecacatan tertinggi dilakukan dengan menentukan ranking nilai RPN (Risk Priority Number) untuk setiap jenis cacat yang dilakukan analisis, dari ranking nilai RPN digunakan pareto chart untuk mengetahui jenis cacat dominan yang penting untuk dilakukan perbaikan, Berdasarkan hasil pareto chart didapatkan 6 jenis cacat yang menjadi prioritas perbaikan, yaitu Scratch 2, Blister 3, Corosion 2, Scratch 1, Scratch 3 dan Dent 2. Implementasi perbaikan yang telah berhasil meningkatkan total persentase produk baik sebesar 9,44% (dari 51,38% menjadi 60,82%). Untuk proses cutting I meningkat sebesar 4,12%, proses machining meningkat sebesar 4,23% dan proses packaging sebesar 5,6%. Sedangkan besar penurunan biaya kualitas yang terjadi akibat implementasi usulan perbaikan adalah Rp1.211.825/ 2 minggu (dari Rp12.689.306 menjadi Rp11.477.481) atau penurunan sebesar 9,54%.
Downloads
References
Dale.B.G, Plunkett.J.J (1995). Quality Costing (2nd edition). Chapman & Hall.
Montgomery, D. G. (1996). Introduction to Statistical Quality Control (3th edition). New York: John Wiley & Sons, Inc., United States of America.
Satria (2008) ; diunduh dari website Shoovng.com: http://id.shvoong.com/business-management/technology-operationsmanagement/2188180-definisi-fungsi-dan-tujuan-standard/.
ST, Miranda. (2002). Six sigma, Gambaran umum, Penerapan Proses dan Metode-Metode yang digunakan Untuk Perbaikan GE Motorola. Harvarinda. Jakarta.
Yang, Kai & El-Haik, Basem. (2003). Design for Six Sigma. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.