PENINGKATAN KUALITAS PROSES PRODUKSI DI PT. INDAL ALUMUNIUM INDUSTRY TBK., SIDOARJO

  • Njoo Hanliang Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Muhammad Rosiawan Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Yenny Sari Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 463 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 455 times
Keywords: cacat, aluminium, FMEA, biaya kualitas

Abstract

PT Indal Aluminium Industry Tbk. merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang alumunium dengan berbagai macam bentuk dan desain sesuai dengan permintaan konsumen. Fokus perbaikan yang dituju pada penelitian ini adalah menurunkan persentase kecacatan produk jenis precision part profiles yang selama ini menjadi permasalahan besar. Persentase produk baik jenis precision part profiles pada kondisi awal adalah sebesar 51,38%. Analisis akar masalah dengan menggunakan fishbone diagram untuk menentukan masalah yang menyebabkan cacat, yang kemudian dilanjutkan dengan analisis FMEA (Failure Mode & Effect Analysis). Melalui analisis FMEA, penentuan jenis kecacatan tertinggi dilakukan dengan menentukan ranking nilai RPN (Risk Priority Number) untuk setiap jenis cacat yang dilakukan analisis, dari ranking nilai RPN digunakan pareto chart untuk mengetahui jenis cacat dominan yang penting untuk dilakukan perbaikan, Berdasarkan hasil pareto chart didapatkan 6 jenis cacat yang menjadi prioritas perbaikan, yaitu Scratch 2, Blister 3, Corosion 2, Scratch 1, Scratch 3 dan Dent 2. Implementasi perbaikan yang telah berhasil meningkatkan total persentase produk baik sebesar 9,44% (dari 51,38% menjadi 60,82%). Untuk proses cutting I meningkat sebesar 4,12%, proses machining meningkat sebesar 4,23% dan proses packaging sebesar 5,6%. Sedangkan besar penurunan biaya kualitas yang terjadi akibat implementasi usulan perbaikan adalah Rp1.211.825/ 2 minggu (dari Rp12.689.306 menjadi Rp11.477.481) atau penurunan sebesar 9,54%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Besterfield, Dale H. (1990). Quality Control (3rd ed). New Jersey: Prentice Hall.

Dale.B.G, Plunkett.J.J (1995). Quality Costing (2nd edition). Chapman & Hall.

Montgomery, D. G. (1996). Introduction to Statistical Quality Control (3th edition). New York: John Wiley & Sons, Inc., United States of America.

Satria (2008) ; diunduh dari website Shoovng.com: http://id.shvoong.com/business-management/technology-operationsmanagement/2188180-definisi-fungsi-dan-tujuan-standard/.

ST, Miranda. (2002). Six sigma, Gambaran umum, Penerapan Proses dan Metode-Metode yang digunakan Untuk Perbaikan GE Motorola. Harvarinda. Jakarta.

Yang, Kai & El-Haik, Basem. (2003). Design for Six Sigma. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Published
2013-03-01