PERANCANGAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DAN BUDAYA KERJA 5S DI PT. INDO TATA ABADI, PANDAAN

  • Ellyana Surya Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Muhammad Rosiawan Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Mochammad Arbi Hadiyat Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang tata kelola produksi dengan cara mendesain sistem manajemen sesuai standar GMP dan Budaya Kerja 5S agar proses produksi menjadi lebih efisien, serta mendokumentasikan agar perbaikan dapat dilakukan secara berkesinambungan. Hasil dari penelitian ini mengurangi ketidaksesuaian proses produksi dari 31 kriteria (37,35%) yang tidak terpenuhi (dari 81 kriteria) menjadi 9 kriteria (10,84%) yang tidak terpenuhi berdasarkan kriteria GMP. Total perbaikan yang dilakukan dalam perusahaan berdasarkan standar sistem manajemen GMP dan 5S sebanyak 20 perbaikan, dimana sebanyak 9 perbaikan dari standar sistem manajemen GMP dan 14 perbaikan dari standar budaya kerja 5S. Untuk sifat perbaikan yang dilakukan, 6 perbaikan dilakukan terkait perbaikan fisik dan 14 perbaikan terkait perbaikan dokumen. Dari hasil evaluasi perbaikan sistem manajemen dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan, didapatkan hasil bahwa mereka puas dan setuju terhadap perbaikan sistem manajemen (4,33).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pengawas Obat dan Makanan. (2003), Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor: HK. 00.05.5.1639 Tentang Pedoman Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT), Jakarta.

Gaspersz, Vincent. (1997), Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Osada, Takashi. (2004), Sikap kerja 5S, PT. Pustaka Bianaman Pressindo, Jakarta.

Suardi, Rudi. (2003), Sistem Manajemen Mutu ISO 9000:2000 : Penerapan untuk Mencapai TQM, Edisi 2, Penerbit. PPM, Jakarta

Thaheer, H. (2005), Sistem Manajemen HACCP, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Veronica, C.T. (2009), Penerapan 5S pada area kantor dan gudang untuk mendukung Total Quality Management (TQM) di UD. Maju Mapan Surabaya, Surabaya, Fakultas Teknik Ubaya, Surabaya

Wijaya, S. (2009), Perbaikan Kualitas Proses Produksi Sepatu Melalui Penerapan Sistem 5S dan GMP (Studi Kasus: PT. Guna Rasa Surabaya), Surabaya, Fakultas Teknik Ubaya, Surabaya.

http://antropometri.ti.itb.ac.id/ambil_data.php. Teknik Industri ITB: Data Antopometri Indonesia
Published
2013-03-01
How to Cite
SURYA, Ellyana; ROSIAWAN, Muhammad; HADIYAT, Mochammad Arbi. PERANCANGAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DAN BUDAYA KERJA 5S DI PT. INDO TATA ABADI, PANDAAN. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 18, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/412>. Date accessed: 21 apr. 2019.