HUBUNGAN ANTARA QUALITY OF WORK LIFEDENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA FAKULTAS X

  • Christian Murwidiansyah Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Gunadi Atmadji Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Laurentia Verina Halim S. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 116 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 76 times
Keywords: quality of work life, komitmen organisasi, komitmen afketif, komitmen normatif, komitmen berkelanjutan

Abstract

Individu yang bekerja di perusahaan maupun organisasi, harus mempunyai komitmen yang tinggi dalam bekerja karena apabila komitmen individu tersebut rendah, maka tujuan dari perusahaan maupun organisasi tersebut tidak akan tercapai. Komitmen organisasi menurut (Gibson,1997 dalam Astuti, Subagyo, Adriyanto,2010) adalah identifikasi rasa, kterlibatan loyalitas yang ditampakkan oleh pekerja terhdap organisasinya. Komitmen organisasi dan quality of work life adalah perilaku  organisasi yang sangat mendasar saat ini.

Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 53 orang, yang terdiri dari 33 dosen dan 20 karyawan. Teknik sampling yang digunakan adalah non – random sampling. Dengan kriteria subjek sebagai pegawai tetap. Alat ukur yang digunakan adalah Organizational Comitment Questionnaire ( OCQ ) untuk komitmen organisasi dan skala quality of work life yang diadapatasi dari EWON, Brooks & Anderson (2005) dan ICIEOM untuk quality of work life.

Hasil yang didapatkan adalah, nilai signifikansi korelasi antara quality of work life dengan komitmen organisasi pada dosen dan karyawan sebesar 0,007 (p>0,05), quality of work life dengan komitmen afektif memiliki signifikansi sebesar 0,003 (p>0,05), quality of work life dengan komitmen berkelanjutan memiliki signifikansi sebesar 0,407 (p>0,05) dan quality of work life dengan komitmen normatif memiliki signifikansi sebesar 0,009 (p>0,05). Salah satu cara untuk meningkatkan komitmen adalah dengan mengadakan pelatihan secara berkala sesuai kebutuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asgari, M. H., & Dadashi, M. (2011). Determining The Relationship Between Quality of Work Life (QWL) and Organizational Commitment of Melli Bank Staff in West Domain of Mazandaran in 2009 – 2010. Australian Journal of Basic and Applied Science 5 (8): 682-687.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, Yogyakarta: Andi.

Nwosu, H. O., Chiamaka, J. A., & Tochukwu, O. (2013). Job Characteristics as Predictors of Organizational Commitment Among Private Sector Workers in Anamba State, Nigeria. International Journal of Asian Social Science, 3(2), 482-491.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Andi, Yogyakarta.

Varnous, S. (2013). Study of Realtionship of Quality of Work Life (QWL) and Organizzational Commitment. Interdiciplinary Journal of Contempory Research In Business 4 (9):449-4.
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)