HUBUNGAN MENTAL BUDGETING DAN MANAGEMENT OF HOUSEHOLD FINANCE DENGAN MEDIATOR SELF CONTROL PADA IBU RUMAH TANGGA

  • Almira Amanta Chrisandi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Laurentia Verina Halim S. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Listyo Yuwanto Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 444 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 565 times
Keywords: Management of household finance, Mental budgeting, Self control

Abstract

Management of household finance merupakan kemampuan individu dalam hal mengelola keuangan yang dimilikinya. Tujuannya untuk menjelaskan peran self control sebagai mediator hubungan antara mental budgeting dan management of household finance pada ibu rumah tangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara menyebarkan kuisioner menggunakan teknik incidental sampling. Penelitian ini didukung dengan data sekunder berupa wawancara awal. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 124 ibu-ibu rumah tangga yang berdomisili di Surabaya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self control bukanlah mediator hubungan antara mental budgeting dan management of household finance, dengandemikian hipotesis pada penelitian ini ditolak.Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai hubungan langsung sebesar 0,361 sedangkan nilai hubungan tidak langsung sebesar 0,0907 yang berarti bahwa nilai hubungan langsung lebih besar dari hubungan tidak langsung sehingga peran mediator tidak berfungsi. Namun hubungan antara mental budgeting dengan management of household finance tetap signifikan dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Artinya, mental budgeting dapat berhubungan langsung dengan management of household finance. Dengan demikian semakin tingginya mental budgeting yang dimiliki individu, maka akan tinggi pula management of household finance. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan subjek dapat terus mempertahankan mental budgeting maupun self control sehingga management of household financenya terus terorganisir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2012). Perilaku konsumen. Edisi Revisi. Bandung: PT Refika Aditama.

Antonides, G., Groot, I. M., Raaij, W.F. (2011). Mental budgeting and the management of household finance. Journal of Economic Psychology, 32 (546–555).

Atkinson, A., McKay,S., Kempson, E., & Collard, S. (2006). Levels of financial capability in the UK: Results of a baseline survey. Consumer research report 47. London: Financial Services Authorithy.

Averill, J.R. (1973). Personal control over aversive stimuli and it’s relationship to stress. Psychological Bulletin, No. 80. p. 286-303.

Basri, H. (2017). Ramadan dan perilaku konsumtif. Retrieved from http://www.bontangpost.id/read/2017/06/24/15606/ramadan-dan- perilaku-konsumtif/

Campbell, J. Y., (2006). Household finance. Journal of Finance. 61, 1553 – 1604.

Chaplin, J. P. (1993). Kamus lengkap psikologi. Edisi 1 Cetakan 2, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chaplin, J. P. (2002). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Eberson, S. (2013). The relationship between mental budgeting and tax compliance : amongst self – employed people without personnel. Thesis Economic. 26 – 40.

Feist, Jess., & Gregory J. Feist. 2010. Teori kepribadian. Edisi 7 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Fleming, J. (1995). Hati seorang ibu. Bandung: Yayasan Kalam Hidup. Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Groot, I. M., Raaij, W.F. (2016). The role of mental budgeting in healthy financial behavior: A survey among self-employed entrepreneurs. Applied Studies in Agribusiness and Commerce, 10 (2-3), 15-26.

Heath, C., & Soll, J. B. (1996). Mental budgeting and consumer decisions. Journal of Consumer Research, 23, 40–52.

Herlindawati, D. (2017). Pengaruh kontrol diri, jenis kelamin, dan pendapatan terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 158-168.

Hilgert, M. A., Jeanne, M. H. (2003). Household Financial Management: The Connection between Knowledge and Behavior. Federal Reserve Bulletin, 89 (7), 309 – 322.

Hurlock, E. (1997). Perkembangan anak. (Istiwidayanti & Soedjarwo, pengalih bhs). Jakarta: Erlangga.

Ida & Dwinta, C. Y. (2010). Pengaruh locus of control, financial knowledge, income terhadap financial management behavior. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 12(3), 131-144.

Jaflo, F. D. (2015). Perilaku pengelolaan keuangan keluarga dalam perspektif etnis dan demografis. Management, pp. 1-15.

Krishnamurthy, P., & Prokopec, S. (2010). Resisting that triple-chocolate cake: Mental budgets and self control. Journal of Consumer Research, 37(1).

Malinda, Maya. (2007). Perencanaan keuangan pribadi. Yogyakarta: ANDI.

Nofsinger, J. R. (2005). Social mood and financial economics. The Journal of Behavioral Finance. 6(3), 144 – 160.

Otto, P. E., Davies, G. B., & Chater, N. (2007). Note on ways of saving: mental mechanisms as tools for self-control?. Global Business and Economic Review, 9(2)

Priyanto, R. (2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi rumah tangga karyawan PT Askes (PERSERO) cabang Jember (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Jember, Jember.

Purnama, B. K. (2016). Konsumsi rumah tangga pengaruh ekonomi triwulan II 2016. Retrieved from http://mediaindonesia.com/news/read/60022/konsumsi-rumah-tangga- pengaruhi-ekonomi-triwulan-ii-2016/2016-08-05

Rha, J. Y., Montalto, C. P., & Hannda, S. D. (2006). The effect of self- control mechanisms on household saving behavior. Financial Counseling and Planning, 17 (2), 1-14.

Rustiaria, A. P. (2017). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan tingkat pendidikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga. Manajemen, 1 – 16.

Santrock, J.W. 2012. Life-span development (Perkembangan masa-hidup). Jilid 2. Edisi Ketigabelas. Jakarta : Erlangga

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks.

Semuel, H. (2007). Pengaruh stimulus media iklan, uang saku, usia, dan gender terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif (studi kasus produk pariwisata). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 31 – 42.

Senduk, Safir. 2001. Mengelola keuangan keluarga: Seri perencanaan keuangan keluarga. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku konsumen perspektif kontemporer pada motif, tujuan dan keinginan konsumen. Jakarta : Kencana.

Suhartini, D., & Renanta, J. A. (2007). Pengelolaan keuangan keluarga pedagang etnis cina. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 7(2).

Sukmawati. (2011). Pengaruh pelayanan prima (service excellence) loyalitas pelanggan prima swalayan cabang Nganjuk. Retrieved from http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/introduction/07410110-indah-sukmawati.ps

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self-control predicts good adjustment, less pathology, better Grades, and interpersonal success. Journal of Personality, 72(2), 271-322.

Thaler, R. H. (1985). Mental accounting and consumer choice. Marketing Science, 4(3), 199 – 214.

Thaler, R. H. (1999). Mental accounting matters. Journal of Behavioral Decision Making, 12, 183 – 206.

Tusianti, Ema. (2016). Peran ganda ibu masa kini dalam angka. Retrieved from http://www.kompasiana.com/tusianti/peran-ganda-ibu-masa- kini-dalam-angka_585c5d5c43afbd27359f62cd
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>