HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DUKUNGAN ORGANISASIDAN KEPUASAN KERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADAPERAWAT RS.X

  • Ivan Christofer Laning Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Gunadi Atmadji Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Laurentia Verina Halim S. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 72 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 173 times
Keywords: komitmen organisasi, persepsi terhadap dukungan organiasi, kepuasan kerja

Abstract

Seiring dengan meningkatnya pengobatan terhadap pasien, dibutuhanperawat sebagai sumber daya utama Rumah Sakit. Sebagai perawat yang melayanipasien dubuthkan komitmen terhadap Rumah Sakit agar pergerakan Rumah Sakitdapat berjalan dengan lancar. Sehingga tujuan dari penelitian ini ingin menjelaskanbagaimana persepsi terhadap dukungan organisasi dan kepuasan kerja dapatmemegaruhi komitmen organisasi perawat. Peneliti dalam penelitian inimenggunakan teknik survei dengan membagikan angket kuisioner kepada perawat.Perawat penelitian diambil sejumlah 120. Karakteristik subjek merupakan perawatyang bekerja pada ruang rawat inap dan ICU. Data yang diperoleh di ujimenggunakan uji instrumen yang berupa uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsiyang berupa uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsiterhadap dukungan organisasi dan kepuasan kerja dengan komitmen organisasi. Halini dibuktikan dengan hasil signifikansi p = 0,000 dan r = 0,560 hasil menunjukkansignifikan dan berkorelasi positif sebesar 56% terhadap variabel penelitian. Penelitianini juga mendapatkan hasil terdapat hubungan antara kepusan kerja dengan komitmenorganisasi dengan signifikansi p = 0,000 dan r = 0,464 serta terdapat hubungan antarapersepsi terhadap dukungan organisasi dan komitmen organisasi dengan signifikansip = 0,012 dan r = 0,230. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa pentingnyaterpenuhinya persepsi terhadap dukungan organisasi dan kepuasan kerja untukmeningkatkan komitmen organisasi dalam terpenuhinya perawat yang berkomitmenkepada rumah sakit. Dengan memberikanrewardpositif bagi perawat, danpunishmentbagi yang melanggar namun terkontrol sehingga diharapkan perawatdapat meningkatkan kesadaran serta tanggung jawab terhadap Rumah Sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggiani(2016).Hubungan Antara KepuasanKerja dan Persepsi terhadapDukungan Organisasi denganKomitmen Organisasi padaKaryawan PT.XYZ. ProgramStudi Psikologi FakultasKedokteran.UniversitasSebelas Maret.

Dirani, K. M., &Kuchinke, K. P. (2011). Jobsatisfaction and organizationalcommitment: validating theArabic satisfaction andcommitment questionnaire(ASCQ),testing the correlations, and investigatingthe effects of demographicvariables in the Lebanesebankingsector.TheInternational Journal of HumanResource Management, 22(05),1180-1202.

Givens, J.R. (2008).Transformational Leadership:The Impact On OrganizationalandPersonalOutcomes.Emerging Leadership Journals,1(1), 4-24.

Nehmeh, R. (2009).WhatisOrganizationalCommitment? Why Managerswant it in their Workforce andif there any cost effective waytosecureit?Switzerland:SwissManagement Center
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)